PENGEMBANGAN KERBAU RAWA DI WILAYAH HULU
PETERNAK DIIMBAU UNTUK TERUS MEMPERHATIKAN KESEHATAN KERBAU KALANG

By Fai 26 Okt 2017, 13:31:32 WIB Pemerintahan
PENGEMBANGAN KERBAU RAWA DI WILAYAH HULU

Keterangan Gambar : Inilah salah satu potensi pengembangan populitas ratusan ekor kerbau kalang (rawa) yang berada di Desa Melintang, Kecamatan Muara Wis, Kutai Kartanegara.


iNRADIO, Tenggarong (26/10) – Selain memiliki potensi pertanian yang sangat menjanjikan, Kutai Kartanegara mempunyai peternakan unik di daerah rawa yaitu, kerbau kalang. Hewan-hewa itu berkembang biak secara alami di wilayah danau, namun hal tersebut para peternak di imbau untuk terus memperhatikan kesehatan hewan yang populitasnya semakin bertambah.

Perternakan kerbau kalang itu, berada di Teluk Singkil, Desa Melintang, Kecamatan Muara Wis, Kutai Kartanegara, di mana setiap tahunnya populasi hewan tersebut terus berkembang biak secara alami.

Menurut Kelapa Dinas Pertanian dan Peternakan, Kutai Kartanegara, Sumarlan, meski perkembangannya sangat menjanjikan, namun dirinya mengimbau bagi  para peternak kerbau kalang, untuk terus memperhatikan kesehatan serta ketersedian pakan hewan tersebut, apalagi iklim dan cuaca saat ini tidak menentu.

“Jadi saya kemarin baru berdiskusi dengan Dinas Pertanian Provinsi, bahwa kerbau kalang yang berada di wilayah kita itu,akan dijadikan semacam sumber plasma numpah pengembangan kerbau rawa. Beberapa waktu yang lalu kawan-kawan dari media juga mengekspos. Itu menjadi objek wsata yang menarik,” tutupnya. (fin)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment