Dodol Berbahan Baku Buah Nipah

INRadio Selasa 2016-05-10 Sebagai tumbuhan mangrove, nipah punya fungsi ekologis penting lainnya.
img

INRadio, Tenggarong -  Dodol berbahan baku Buah Nipah ternyata dapat terolah menjadi makanan khas kuliner. Warga Muara Jawa Kabupaten Kutai Kartanegara.

Di Kecamatan Muara Jawa Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), buah Nipah diolah ibu-ibu kreatif menjadi panganan kuliner lezat dan bernilai ekonomis .

Ketua kelompok sentra industri kecil, Sundari. Mengatakan para ibu rumah tangga di desa Muara Jawa berhasil mengolah Buah Nipah yang awalnya hanya sebagai limbah tidak berguna, kini berkat tangan kreatif para ibu-ibu, bisa diolah menjadi panganan bernilai ekonomis dan menghasilkan uang.

Ia menjelaskannya, pembuatan dodol buah Nipah hampir sama dengan pembuatan Dodol pada umumnya, hanya saja bahan baku yang digunakan adalah Buah Nipah, selain dibuat Dodol buah Nipah juga dijadikan sebagai kue bolu yang mempunyai nilai cita rasa yang tidak kalah enaknya dibandingkan dengan kue bolu pada umumnya.

Sebagai tumbuhan mangrove, nipah punya fungsi ekologis penting lainnya. Yang menjadikan Flora ini sebagai primadona di daerah Muara Jawa Kabupaten Kutai Kartanegara. banyaknya tumbuhan nipah dimuara muara sungai berair payau, menjadikan tangan tangan kreatif dengan menjadikan Tanaman Nipah sebagai ciri khas penduduk. Yang mengolah tananman nipah ini menjadi tanaman industri produksi dengan berbagai keuntungan.

;
close
iklan kiri
close
iklan kanan