4 Teknologi Smartphone di Tahun 2016 Yang Mungkin Belum Kamu tau
Saking seringnya smartphone mengeluarkan teknologi baru kamu pasti pernah kebingungan saat akan membeli smartphone

By Monik 17 Agu 2016, 18:30:50 WIB Teknologi
4 Teknologi Smartphone di Tahun 2016 Yang Mungkin Belum Kamu tau

Keterangan Gambar : Teknologi Smartphone Canggih yang baru


iNRADIO - Setiap tahun selalu ada smartphone baru yang dihadirkan oleh vendor. Bahkan tidak perlu menunggu hitungan tahun, ada vendor yang menghadirkan smartphone baru setiap bulannya. Dampaknya kamu pasti pernah kebingungan saat akan membeli smartphone baru kan? Saking seringnya mengeluarkan smartphone baru, tak jarang teknologi yang dihadirkan oleh para vendor terkesan itu-itu saja. Membosankan. Nah, agar tidak bosan, vendor harusnya membekalkan teknologi terbaru di smartphone-nya.

Teknologi yang Harus Ada di Smartphone Baru tahun 2016

Dari mulai zaman telepon kabel hingga ke hanphone, lalu sekarang beralih ke smartphone merupakan bukti tak terbantahkan bahwa teknologi berhasil mengikuti perkebangan jaman. Agar tidak terlihat diam di tempat, vendor harus bisa berinovasi mengikuti tren yang ada dalam menghadirkan smartphone baru. Seperti  4 teknologi keren berikut ini wajib ada di smartphone baru yang dirilis tahun 2016.

Virtual Reality

1.Virtual Reality (VR)

Meski ada lebih dari 80 smartphone yang support headset VR, tapi saat ini smartphone yang benar-benar terintegrasi dengan VR mungkin baru beberapa smartphone Samsung saja. Itu pun hanya terintegrasi dengan Gear VR milik Samsung sendiri. Padahal VR merupakan teknologi yang dipastikan akan menjadi tren di tahun 2016. Ke depannya diharapkan vendor mulai melirik untuk mengembangkan smartphone yang terintegrasi VR seperti Samsung Galaxy dan Gear VR. Sehingga kita bisa menikmati konten Virtual Reality dengan mudah kapanpun dimanapun dengan kombinasi smartphone dan VR.

2. Augmented Reality

Tak ketinggalan, vendor pun harus mempertimbangkan dukungan penuh teknologi Augmented Reality (AR) di smartphone. Game keren seperti Ingress dan Pokémon Go yang akan dirilis tentu akan semakin seru jika dimainkan dengan teknologi AR yang memukau. Dengan memanfaatkan AR, kita bisa menjadikan lingkungan sekitar kita sebagai arena bermain game. Seru, kan?

3. Biometric Scanner

Karena smartphone sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari, banyak yang menyimpan data pribadi di dalam smartphone. Makanya keamanan suatu smartphone harus menjadi perhatian khusus saat vendor membuat smartphone baru. Setelah pilihan keamanan PIN, password, kunci pola (pattern), hingga pengenalan wajah terasa kuno, kini hadir teknologi sidik jari untuk mengamankan smartphone. Tapi ternyata sidik jari pun bisa dibobol dengan mudah menggunakan printer! Untuk itu diperlukan tingkat keamanan lanjutan yang menggunakan biometric scanner. Mungkin vendor bisa mempertimbangkan keamanan smartphone baru mereka menggunakan pemindai retina, atau bahkan pengelana suara.

4. Integrasi IoT

Dari mulai smartwatch, smartband, smart home, hingga smart car sudah mulai dikembangkan. Namun belum ada smartphone yang benar-benar diciptakan dengan sensor penuh agar bisa terhubung dengan smart home. Bayangkan jika kamu hanya perlu menempelkan smartphone untuk mengakses kunci pintu rumah dan lemari, serta listrik bisa dikontrol dengan jarak smartphone terhadap suatu sumber listrik. Semuanya lebih mudah, bukan?

Itu dia 4 teknologi yang wajib ada di smartphone baru tahun 2016. Bukan melulu mengadu pesifikasi, teknologi menarik pun harusnya disematkan oleh vendor. Apa kamu setuju? Atau kamu ingin ada teknologi lain yang disematkan di smartphone?. (JT/arul)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment