MENKUMHAM RESMI MEMBUKA ACARA ADAT ERAU DAN EIFAF 2017
Yasonna Hamonangan Laoly berharap agar kegiatan ini dapat terus dikembangkan dan dilestarikan dalam rangka meningkatkan sektor pariwisata di Kutai Kartanegara, Maupun Kalimantan Timur pada umumnya

By Ardian 24 Jul 2017, 07:04:02 WIB Seni Budaya
MENKUMHAM RESMI MEMBUKA ACARA ADAT ERAU DAN EIFAF 2017

Keterangan Gambar : Rita Widyasari bersama Menkumham


iNRADIO - Pesta Adat Erau dan Internasional FolkArt Festival (EIFAF) 2017 secara resmi dibuka Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna Hamonangan Laoly, Minggu (23/07/2017) siang di Stadion Rondong Demang, Tenggarong.

Pembukaan EIFAF 2017 ditandai dengan penyalaan 7 buah brong atau obor dari batang enau oleh MENKUMHAM Yasonna Hamonangan Laoly bersama beberapa pejabat dan tokoh seperti Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari, Dubes Seychelles Nico Barito, Ketua DPRD Kaltim HM Syahrun, dan Putera Mahkota Kesultanan  Kutai HAP Adipati Praboe Anoem Soerya Adiningrat.

Kegiatan seremoni pembukaan EIFAF 2017 diawali dengan defile dari delegasi kesenian mancanegara yang berpartisipasi yakni Bulgaria, China Taipei, India, Jepang, Korea Selatan, Polandia, Slovakia, dan Thailand, serta tuan rumah Indonesia.

Saat melewati panggung yang telah disiapkan, Masing-masing delegasi secara bergantian tampil menyuguhkan salah satu tarian ataupun kesenian rakyat dengan durasi kurang lebih 10 menit.

MENKUMHAM Yasonna Hamonangan Laoly menyatakan sangat bangga bisa hadir dan bisa menyaksikan langsung Festival Erau yang tahun lalu mendapat penghargaan sebagai Festival Budaya terpopuler di Indonesia.

Yasonna Hamonangan Laoly berharap agar kegiatan ini dapat terus dikembangkan dan dilestarikan dalam rangka  meningkatkan sektor pariwisata di Kutai Kartanegara, Maupun Kalimantan Timur pada umumnya.

Kepada delegasi kesenian mancanegara yang hadir, MENKUMHAM juga memberikan apresiasi yang tinggi. ‘’Terima kasih telah berpartisipasi pada acara EIFAF 2017. Tunjukkan penampilan terbaik kalin disini’’ pesannya.

Seremoni pembukaan ERAU/EIFAF 2017 disemarakkan juga dengan suguhan drama tari kolosal bertajuk Bena Budaya Etam yang dibawakan oleh 150 orang penari.

Sebelumnya dilakukan upacara pembukaan ERAU/EIFAF 2017, pihak Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura terlebih dahulu melaksanakan upacara adat Mendirikan Ayu di Keraton atau Museum Mulawarman sebagai tanda dimulainnya pesta adat ERAU Adat Kutai.(KKC)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment