Tutorial 13 Gerakan Dasar Tari Jepen Kutai Kartanegara
Tari Jepen sangat populer di kalangan masyarakat

By prass 30 Agu 2017, 12:38:23 WIB Tutorial
Tutorial 13 Gerakan Dasar Tari Jepen Kutai Kartanegara

Keterangan Gambar : 13 Gerakan Dasar Tari Jepen


Jepen adalah salah satu komposisi kesenian rakyat Kutai dan Tari Jepen ini juga sangat populer di kalangan masyarakat yang berada di sepanjang sungai Mahakam atau yang berada di daerah pantai.

Jepen dapat ditarikan dengan bersama-sama atau berpasang-pasangan, Dan alat musik yang digunakan antara lain Ketipung, dan Gambus, gambus alat musik yang dipetik yang memiliki dawai 7 atau 9 sedangkan ketipung dimana salah satu ujungnya ada penampangnya. Gerak yang terpenting dalam Tari Jepen ini terletak pada step kaki. Dalam mengangkat kaki, Sang Penari tidak boleh mengangkat terlalu tinggi, paling tinggi hanya sebatas lutut. Loncat-loncatan dapat dilakukan sekali saja dalam bentuk variasi gerakan tambahan saja. Posisi jongkok dapat dilakukan pada saat penghormatan.

Jepen mempunyai 13 gerak dasar yang terdiri dari :

  1. Hormat atau Pembuka
  2.  Jalan
  3. Samba
  4. samba setengah
  5. Samba penuh
  6. Ayun Anak
  7. Gelombang
  8. Jalan Ketam
  9. Langka Belau
  10. Putar Gasing
  11. Tendang Kuda
  12. Tepok
  13. Tahtim

Baju yang digunakan atau dipakai oleh para penari disebut dengan baju Cina sedangkan pada penari pria ikat kepala disebut dengan Besapu dan menggunakan sarung yang diikatkan pada pinggang dan celana panjang komprang atau batik Sedang pada pria yang menggunakan Songkok atau Peci juga memakai sarung yang dipasang diluar baju yang disebut dengan sarung setengah. pada penari wanita menggunakan Caul atau Tapeh pada bawahan ada yang menggunakan sanggul dan ada yang menggunakan Tengkolok.

Bagaimana gerak dan tarinya Mari kita saksikan tutorial berikut ini Selamat menyaksikan...




Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment