HARI PRAMUKA KE 56 DI TINGKAT KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA


GERAKAN PRAMUKA TETAP KONSISTEN DAN FOKUS DALAM MENDIDIK KAUM MUDA BERKARAKTER

Artikel by on 6 Tahun yang lalu

Featured image

Featured image

iNRADIO – Tenggarong, Dalam rangka memperingati dan memeriahkan Hari Pramuka ke-56 tingkat Kabupaten Kutai Kartanegara, yang berlangsung di Bumi Perkemahan, Kelurahan Panji, Kecamatan Tenggarong, Kutai Kartanegera, pada Rabu (18/10). Dan kegiatan itu sendiri di ikuti puluhan peserta dari 18 Kecamatan yang tersebar di Kukar.

 

Gerakan kepaduan sebagai cikal bakal, gerakan Pramuka yang telah ada di Bumi Pertiwi sejak masa penjajahan Belanda tepatnya Tahun 1912 silam, dengan nama kelompok berdasarkan Etnik maupun Keagamaan, jadi sudah 105 tahun eksistensinya di Indonesia.

 

Dalam sambutanya, Ketua Kwartir Cabang Kabupaten Kutai Kartanegara, Edi Damansyah mengemukakan, gerakan Pramuka ini sendiri berfungsi untuk membina dan memantapkan karakter kaum muda di Indonesia, khususnya di Kutai Kartanegara, serta dapat menyatukan Bangsa ketika banyak pihak yang ingin memilik berbagai kepentingan lainnya.

 

Lebih lanjut, Edi Damansyah mengatakan, potensi gerakan Pramuka memiiki mimpi dan visi misinya sangat besar, anggotanya tersebar di seluruh pelosok Tanah Air, serta mempunyai jaringan yang kuat dengan organisasi terstruktur secara sistematis.

 

“ Kita ingin bagaimana upaya yang dilakukan pramuka ini, pembinaa dari segi karakter, prilaku,budi luhur, metal, spiritual agar menjadi bekal, anak-anak kita, calon pewaris pemimpin, baik itu pemimpin formal maupun informal, ditengah-tengah kehidupan sosial masyarakat. Dan ini terus bisa lakukan dengan baik, terus tergenerasi dengan baik di Kabupaten Kutai Kartanegara,” tuturnya.

 

 

Edi Damansyah juga mengatakan, gerakan Pramuka tetap konsisten dan fokus dalam mendidik kaum muda berkarakter, melalui berbagai kegiatan yang lebih melibatkan generasi muda, untuk mewariskan serta menyiapkan generasi mileneal, guna menjadi pemimpin bagi Bangsanya.

 

“ Pendidikan kepramukaan yang mendasar pada Satya dan Darma, Pramuka harus benar-benar tertanam pedoman sikap dan prilaku yang berbudi luhur hingga mengedepankan kepentingan sosial dalam kehidupan bermasyarakat,” terangnya.

 

Selain itu juga, Edi Damansyah berharap kepada seluruh anggota Pramuka di Kutai Kartanegara untuk lebih aktif, produktif dan kreatif dalam menyuarakan keberadaan Pramuka di sekitarnya, serta menolak berita palsu atau hoax.

 

“ Pramuka tidak hanya sekedar menjadi konsumen informasi, tetapi menjadi produsen infromasi. Selain memberitakan informasi di Media Sosial, Pramuka juga merespon dan menolongnya ditempat,” tegasnya. (fin)

 

Tagged as


Leave a Reply



Now On Air

iNRADIO 99.0 FM

Informasi Inspirasimu

Current track

Title

Artist

Nostalgia Indonesia Lawas Terbaik
by: Bayu Azka
Jum'at, 29 Mar 2024,