Pandemi corona telah menjadi pandemi global. Berbagai hal, termasuk soal makanan mengalami pergeseran tren akibat wabah yang pertama kali muncul di Kota Wuhan, Cina, pada Desember 2019 tersebut.
ada beberapa prediksi tentang
bagaimana Covid-19 akan mengubah tren makanan di berbagai negara.
1. Masakan rumah akan mengalami kebangkitan
Laporan dari Yelp’s Coronavirus Impact Report mengungkapkan, konsumen cenderung
ingin meminimalisasi sentuhan antarmanusia pascapandemi. Sebuah survei dari
Technomic menegaskan, 32 persen orang dewasa berencana mengurangi prosentase
makan di restoran karena kekhawatiran Covid-19. Dengan begitu, tren makanan
rumahan bisa meningkat dan menggeser popularitas makanan restoran.
2. Makanan sehat dan organik kian diburu
Covid-19 juga berpotensi memacu permintaan bahan makanan organik, vegetarian,
dan makanan sehat lainnya. Omset perusahaan makanan organik seperti Nourish
Organics di Inggris per Maret 2020, dilaporkan mengalami peningkatan penjualan
sekitar 30 persen. Permintaan terhadap sayuran organik pun melonjak.
3. Keamanan pangan akan diawasi ketat
Sejauh ini tidak ada bukti bahwa Covid-19 ditularkan melalui makanan.
Namun hal itu belum juga pasti keabsahannya. Menurut sebuah survei dari The
Packer, konsumen telah mengubah kebiasaan belanja mereka karena takut
tertular virus corona dari makanan.
Responden survei mengindikasikan, mereka membeli lebih sedikit produk segar di
toko dan lebih banyak membeli makanan kaleng karena kekhawatiran seputar
kehigienisan makanan. Penelitian juga menunjukkan, konsumen menginginkan
makanan yang sudah dikemas sebelumnya karena khawatir ada virus yang terbawa ke
rumah.
4. Tren mengonsumsi satwa liar berpotensi turun
Pasar makanan laut Wuhan, tempat virus corona diperkirakan berasal
merupakan pusat populer bagi satwa liar seperti ular, landak, rusa, dan anjing
rakun. Sejak awal kemunculan virus corona pada akhir 2019, sebanyak 20 ribu
peternakan satwa liar di Cina telah ditutup atau dikarantina dan diterapkan
larangan ketat mengonsumsi hewan liar. Ini tentunya membuat tren konsumsi dan
permintaan satwa liar menurun.
5. Kabar baik untuk produk makanan lokal
Yelp’s Coronavirus Impact Report mengungkapkan, pascapandemi konsumen cenderung
ingin mengetahui sumber makanan mereka. Kesadaran yang meningkat tentang
keamanan makanan dan keinginan untuk mengonsumsi makanan yang lebih bergizi
akan meningkatkan permintaan produk makanan lokal karena dinilai lebih terjamin
keamanannya.
Leave a Reply